Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

8 Cara Mengedit Video Supaya Video Klip Makin Keren

Author :

Article Date : 02/04/2021

Article Category : Super Buzz

Video musik atau video klip menjadi salah satu instrumen yang melengkapi hadirnya sebuah lagu. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengedit video yang perlu Superfriends ketahui untuk menghadirkan video musik yang tidak kalah keren dengan lagu yang dihadirkan.

Kehadiran perkembangan teknologi dan digitalisasi dunia juga sudah cukup banyak membantu berbagai kebutuhan manusia. Baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun keperluan yang sifatnya mengarah ke sebuah aktivitas kreatif, seperti bermusik.

Selain itu, video menjadi salah satu media yang banyak digunakan untuk berbagai hal. Kini orang-orang juga sudah mulai beralih ke platform YouTube sebagai wadah untuk mempublikasikan karyanya, bisa dengan membuat konten hiburan seperti cover lagu dan tutorial musik.

Dengan begitu, perlu diketahui bagaimana cara mengedit video dengan baik. Cara mengedit video ini bisa dilakukan melalui berbagai aplikasi atau software. Avid, Adobe Premiere, atau Final Cut Pro. Juga bisa cara mengedit video dengan beberapa aplikasi gratis seperti iMovie atau Windows Movie Maker.

Superfriends sebagai musisi memiliki kebebasan atas karya dan konsep visual yang akan disajikan kepada para penikmat musik. Berikut adalah tips merilis lagu secara digital yang bisa Superfriends ikuti.

1. Cara Mengedit Video: Pilih Software yang Sesuai

Langkah pertama dalam cara mengedit video adalah menentukan software edit video terbaik yang akan digunakan. Sebenarnya, semua perangkat lunak yang dibutuhkan untuk melakukan pengeditan video telah tersedia secara online. 

Meski begitu, bisa mempertimbangkan dalam cara mengedit video bisa melihat kegunaan, user interface, hingga fitur-fitur pendukungnya. Kuncinya adalah untuk memilih software yang cocok untuk gaya pengeditan lo dan bukan hanya karena program pengeditan video yang terpilih merupakan perangkat paling canggih.

2. Cara Mengedit Video: Tentukan Alur Cerita

Dalam cara mengedit video, bukan hanya software dan kemampuan mengedit saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga inti atau cerita dari video klip yang akan dibuat. Oleh karena itu, cara mengedit video lebih dari sekadar hal-hal mendasar seperti memotong rekaman atau menambahkan efek, tapi juga membuat video yang menarik secara estetika dan bisa menyampaikan maksud dengan baik.

Video klip yang bagus bisa membangkitkan emosi yang tepat dan secara efektif menyampaikan pesan yang dimaksudkan. Untuk melakukan ini bisa mengikuti storyboard yang digunakan selama pembuatan video.

3. Cara Mengedit Video: Menyusun Video Rekaman

Langkah pertama dalam cara mengedit video adalah menyusun hasil rekaman video yang akan disunting terlebih dulu. Untuk itu, diperlukan memasukkan beberapa klip video yang akan diedit ke dalam satu folder.

Cara mengedit video dengan menyusun rapi file akan memudahkan untuk memilih dan memasukkan video ke dalam aplikasi pengedit video. Selain itu, menggabungkan beberapa klip dalam satu folder juga akan mencegah berbagai masalah dalam saat proses pengeditan.

Untuk lebih memudahkan, sebaiknya pisahkan video dalam folder yang berbeda. Misalnya folder yang berisi klip untuk video pembuka, isi, dan bagian penutup video klip yang akan dibuat.

4. Cara Mengedit Video: Pelajari Istilah Penting

Dalam cara mengedit video, sangat penting untuk mempelajari banyak istilah dalam cara mengedit video. Bagi yang belum pernah mendengarnya, beberapa istilah yang digunakan dalam cara mengedit video antara lain:

  • Jump Cuts - Memotong bagian untuk melewati momen yang membosankan atau dapat diprediksi dan mempertahankan minat visual.
  • J Cut - Audio mendahului video.
  • L Cut - Video mendahului audio.
  • Montase - Urutan klip yang menunjukkan perjalanan waktu, biasanya untuk transformasi atau pengembangan karakter.
  • Cutting on Action – Memotong saat subjek bergerak alih-alih setelah setiap gerakan untuk menciptakan pemandangan yang lebih menarik dan mengalir.
  • Match Cut / Match Action - Memotong dua gambar atau pemandangan yang mirip secara visual.
  • Cutaways - Menambahkan potongan transisi yang tidak menyertakan subjek atau tindakan utama untuk menunjukkan lingkungan sekitar dan mengatur suasana hati, menambah makna pada adegan, atau membantu ketegangan yang dramatis.

5. Cara Mengedit Video: Menyusun dan Memotong Gambar

Cara mengedit video selanjutnya adalah menyusun klip video dan memotong video klip. Pilih dan susunlah klip video hingga memiliki alur yang terhubung atau saling berkaitan agar video dapat tersusun rapi.

Setelah semua adegan sudah tersusun sesuai urutan yang runtut, lo bisa segera memotong gambar atau menghilangkan beberapa bagian yang kurang penting. Misalnya terdapat kesalahan pada salah satu klipnya, atau saat terdapat rekaman gambar yang bergoyang dan tidak stabil.

6. Cara Mengedit Video: Gunakan Efek Seperlunya

Efek khusus dalam cara mengedit video umumnya digunakan untuk menekankan suatu adegan tertentu. Terlalu banyak efek akan membuat video terlihat riuh dan memusingkan. Jangan terjebak dengan banyaknya efek keren yang tersedia pada software video, sehingga ingin menerapkan semuanya. Alih-alih makin menarik, video bisa jadi akan tampak kacau dan tidak menarik.

7. Cara Mengedit Video: Percantik video dengan intonasi warna

Cara mengedit video berikutnya adalah penggunaan warna. Warna merupakan elemen utama yang dapat dimanipulasi untuk menyoroti subjek tertentu, membangkitkan emosi, dan mengatur suasana dalam sebuah adegan di video klip yang akan dibuat.

Program pengeditan video sudah memberikan banyak opsi soal pengeditan warna. Pastikan untuk melakukan koreksi warna sebagai langkah memastikan bahwa suasana dalam rekaman tetap konsisten di setiap adegan, serta penilaian warna, untuk memberikan video tampilan yang unik. Keduanya cukup penting ketika ingin video klip terlihat realistis dan emosi penonton ikut bermain dalam video klip yang disajikan.

8. Cara Mengedit Video: Menonton Video Hasil Editing

Cara mengedit video yang terakhir adalah melihat setiap progres dari pengeditan video yang dilakukan. Lakukan ini berulang-ulang untuk memastikan hasil akhirnya yang didapatkan sudah sesuai dengan storyboard dan keinginan. Bisa juga mengajak teman untuk menonton hasil video yang diedit untuk memberikan komentar.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

DAMON ALBARN KENALKAN “PARTICLES”, PEMBUKA ALBUM SOLO KEDUA

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Finneas Rilis Single Kedua ‘The 90s’ untuk Album Debutnya

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Rapper Jayko Kolab dengan Shagia di Single ‘Got A Plan’

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Poppy Rilis Video Klip Terinspirasi Tim Burton

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Car Seat Headrest Hadirkan Nuansa Berbeda dari Album Terakhirnya

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gitaris Terbaik Dunia Menurut Industri Musik Mancanegara

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Produktifnya Tim Burgess Vokalis The Charlatans: Siapkan Album Solo Baru

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Imagine Dragons Rilis Dua Single Baru Sekaligus “Follow You” dan “Cutthroat”

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Grammys 2021 Hadir Penuh Kejutan

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Black Sabbath Ungkap Kabar Terbaru Tentang Proyek Film Biopik

Read to Get 2 Point
image arrow
1 /