Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

DAMON ALBARN KENALKAN “PARTICLES”, PEMBUKA ALBUM SOLO KEDUA

Author : Admin Talk

Article Date : 05/10/2021

Article Category : Super Buzz

Tampaknya Damon Albarn masih belum mengenal kata lelah dalam melakukan aktivitas kreatifnya sebagai seorang musisi. Beberapa waktu lalu, sang musisi multi talenta ini baru saja memperkenalkan proyek EP baru untuk Gorillaz. Kali ini, Damon Albarn kembali aktif untuk menghidupkan kembali proyek musik karier solo miliknya. 

Damon Albarn kembali menunjukkan eksistensinya dalam menjalani proyek musik solo. Sang musisi pertama kali memperkenalkan album solonya di tahun 2014 berjudul Everyday Robots. Di tahun 2021 ini, Damon Albarn merasa jadi waktu yang tepat untuk kembali melanjutkan proyek musik di luar Blur dan Gorillaz. Beberapa bulan lalu, Damon Albarn sempat membocorkan judul album keduanya, yaitu The Nearer the Fountain, More Pure the Stream Flows.

Rencananya, Damon Albarn akan merilis album kedua tersebut pada pertengahan bulan November mendatang. Dalam menjaga momentum dan memberikan gambaran terkait warna musik untuk album The Nearer the Fountain, More Pure the Stream Flows, sang musisi memutuskan untuk merilis single perdana berjudul Particles. Secara konsep musikalitas, Damon Albarn masih mencoba formulasi yang sama untuk menggarap album keduanya ini. 

Formula yang diramu oleh sang musisi tersebut dilakukan dengan cara melakukan eksplorasi musik melalui berbagai macam bunyi dan gemuruh alam yang ada di sekitar Damon Albarn. Berbagai macam bunyi dan gemuruh tersebut diproses menggunakan ragam instrumen demi memberikan kesan harmonis yang cukup mendalam. 

Terkait single Particles, Damon Albarn juga merilisnya dalam format video klip. Untuk konsep audio visual tersebut, sang musisi merancang musiknya untuk bisa dimainkan secara orkestra. Dalam video klip Particles, terlihat Damon Albarn yang memainkan musik menggunakan piano sebagai dasar dan ditemani oleh instrumentasi orkestra sebagai pembangun nuansa yang dramatis. Pemilihan nuansa yang dramatis tersebut nyatanya datang dengan konsep yang matang.

Damon Albarn ingin mencoba untuk membuat perjalanan musiknya untuk proyek The Nearer the Fountain, More Pure the Stream Flows sebagai sebuah rangkaian karya sinematik. Oleh karena itu, sang musisi pun memutuskan untuk merilis video klip pembuka melalui single Particles. Rangkaian karya sinematik yang jadi pendukung album solo kedua dari Damon Albarn ini hadir dengan tajuk Sublime Boulevards - Performance Films.

Nuansa dramatis tersebut juga bisa apik tergambarkan dan tersampaikan melalui tangan dingin dari Toby L yang menjadi sutradara. Tidak hanya berperan sebagai sutradara, Toby L juga orang yang berada di balik Transgressive Records, label rekaman yang akan menaungi proyek The Nearer the Fountain, More Pure the Stream Flows. Sang sutradara menyatakan bahwa tema visual hitam putih yang disajikan dalam video klip Particles ini terinspirasi dari lanskap geografis Islandia yang jadi benang merah dari album The Nearer the Fountain, More Pure the Stream Flows sendiri.

Terkait Islandia, negara kecil yang berada di benua eropa tersebut merupakan inspirasi besar dari album The Nearer the Fountain, More Pure the Stream Flows bagi Damon Albarn. Sang musisi mengakui bahwa bahwa ide lahirnya The Nearer The Fountain, More Pure The Stream Flows datang pada tahun 2019. Kala itu, Damon Albarn tengah memutuskan untuk membuat sebuah proyek musik orkestra dengan keindahan alam Islandia sebagai inspirasinya. Seusai mengunjungi Islandia, Damon Albarn langsung memutuskan untuk menyendiri dan akhirnya berhasil menulis 11 lagu. Yang bercerita tentang kerapuhan, kehilangan, hingga kehidupan.

Pengalaman berkunjung ke Islandia membuat Damon Albarn menjadi lebih tenang dan mudah untuk memahami bagaimana alam bekerja di sekitarnya. Dengan lingkungan baru yang tenang tersebut, Damon Albarn mengakui bahwa dirinya mendapatkan banyak inspirasi dari kunjungannya ke Islandia dan berhasil untuk membuat lagu yang sesuai dengan keinginannya. Inspirasi tersebut pun akhirnya mengubah gaya bermusik Damon Albarn yang dinilai kontemporer dan mendekatkannya kepada aspek musik klasik, seperti orkestra. Damon Albarn mengakui bahwa perjalannya menuju Islandia akhirnya membuat dirinya ingin untuk melakukan perjalanan ke negara lainnya dalam menemukan inspirasi terbaru dalam bermusik. 

Di luar proyek album solo kedua, Damon Albarn juga tengah mempersiapkan Blur untuk kembali membuka jilid reuni berikutnya. Perihal reuni bersama Blur, Damon Albarn menjelaskan bahwa ada kemungkinan untuk bisa kembali berkumpul selepas masa pandemi berakhir. Namun untuk saat ini, Damon Albarn mengakui bahwa dirinya sedang memiliki banyak kesibukan yang membuat rencana tersebut harus dikesampingkan. Meskipun begitu, jika benar terjadi, Damon Albarn telah mempersiapkan berbagai macam ide untuk membuat reuninya bersama Blur jadi lebih bermakna. 

Selain itu, Damon Albarn tetap menyisakan energi dan ruang kreatif di dalam kepalanya untuk menjalankan proyek musik untuk Gorillaz. Di akhir Agustus lalu, keseriusan tersebut dibuktikan oleh rilisnya sebuah EP berjudul Meanwhile dari Gorillaz. EP terbaru dari band virtual garapan Damon Albarn dan Jamie Hewlett tersebut datang secara mengejutkan di benak para penikmat musiknya. EP Meanwhile dari Gorillaz ini dirilis sebagai bentuk perayaan Notting Hill Carnival di London yang harus batal terselenggara secara offline akibat pandemi di tahun 2021 ini. 

Terdapat 3 buah lagu yang telah disiapkan oleh Gorillaz dalam EP Meanwhile ini untuk menghadirkan nuansa semarak dari Notting Hill Carnival. Nama-nama musisi yang ikut serta dalam proyek EP dadakan ini di antara lainnya adalah AJ Tracey, Jelani Blackman, serta Alicaì Harley. Nama judul EP-nya sendiri juga punya kesan sentimen bagi Gorillaz sendiri. Judul Meanwhile diambil dari sebuah nama tempat, Meanwhile Gardens yang merupakan panggung pertama Gorillaz di tahun 2000 silam. Di panggung festival musik perdananya tersebut, Gorillaz tampil membawakan lagu berjudul Clint Eastwood.

 

Image courtesy of Christian Bertrand / Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Damon Albarn #Single #particles #Gorillaz #Blur #Reuni #Album #2021 #the nearer the fountain more pure the stream flows

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Finneas Rilis Single Kedua ‘The 90s’ untuk Album Debutnya

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Rapper Jayko Kolab dengan Shagia di Single ‘Got A Plan’

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Poppy Rilis Video Klip Terinspirasi Tim Burton

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Car Seat Headrest Hadirkan Nuansa Berbeda dari Album Terakhirnya

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gitaris Terbaik Dunia Menurut Industri Musik Mancanegara

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Produktifnya Tim Burgess Vokalis The Charlatans: Siapkan Album Solo Baru

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Imagine Dragons Rilis Dua Single Baru Sekaligus “Follow You” dan “Cutthroat”

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Grammys 2021 Hadir Penuh Kejutan

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Black Sabbath Ungkap Kabar Terbaru Tentang Proyek Film Biopik

Read to Get 2 Point
image arrow
image article
Super Buzz

6 Lagu Yang Bikin Semangat Untuk Awali Hari!

Read to Get 2 Point
image arrow
1 /